Kamis, 07 Maret 2013

Belajar Untuk Mengajar

Leave a Comment
Kita bisa belajar dengan mengajar. Karena dengan belajar kita akan bisa mengajar dan dengan mengajar kita akan lebih cepat belajar. Setuju nggak dengan pendapat ini?

Untuk menjelaskan ini bisa kita saksikan bahwa seorang anak yang sepulangnya dari sekolah selalu ditanya oleh orang tuanya di rumah mengenai materi yang diperoleh oleh si anak, pada umumnya anak tersebut menunjukkan prestasi yang lebih baik dari pada anak yang dicuekin. Hal ini sangat logis, karena ketika seorang anak sepulang sekolah selalu ditanya di rumah, maka secara tidak langsung dalam pikiran si anak berbisik kalimat dorongan untuk serius dalam belajarnya, "Wah, dirumah entar ayah dan ibu pasti akan tanya materi hari ini, jangan sampai gak bisa jelasin!" biasanya ungkapan seperti itu yang muncul. Akhirnya, ia dengan serius memperhatikan penjelasan gurunya di kelas. Karena merasa di rumah nanti ia akan mendapat pertanyaan dari kedua orang tuanya.

Belajar menjadi guru itu lebih mudah dari pada belajar menjadi murid. Mengapa? Karena kamu akan tertantang untuk bisa menjelaskan sebaik mungkin sampai muridmu paham dengan apa yang kamu jelaskan. Coba jelaskan dengan kata - katamu sendiri setiap materi yang sudah kamu pelajari.

Kalau kita sudah bisa menerangkan dengan jelas dan teratur tak perlu detail, berarti kita sudah paham.

-Semoga membantu-


by Admin Nindya
Jika Anda suka, silahkan bagi artikel :

0 komentar:

Posting Komentar