Rabu, 06 Maret 2013

Macam - Macam Tenses Dasar

Leave a Comment
Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang dasar-dasar tenses. Maka kali ini saya akan membahas berbagai macam tenses dasar.
Sebenarnya terdapat kurang lebih 16 bentuk tenses dalam Bahasa Inggris, namun ke - 16 bentuk tenses tersebut pada dasarnya merupakan gabungan dari 5 (lima) tenses dasar yang mutlak harus dikuasai agar dapat berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik, yaitu diantaranya :

1. Simple Present Tense
2. Future Tense
3. Simple Past Tense
4. Present Perfect Tense
5. Present Continuous Tense



Dari kelima macam tenses tersebut mari kita bahas satu persatu.

Yang pertama adalah :

A. SIMPLE PRESENT TENSE
Simple Present Tense digunakan untuk :
1. Menyatakan kebiasaaan yang sampai saat ini sering dilakukan (habitual action),
contohnya :

  • I usually get up at six o'clock every morning (Saya biasa bangun pukul enam setiap pagi)
  • He always drinks coffee every night. (Ia selalu minum kopi setiap malam)

2. Menyatakan kebenaran umum (general truth), contoh :

  • The sun rises in the east (Matahari terbit di sebelah timur)
  • A day has twnty four hours (Satu hari mempunyai 24 jam)


B. PRESENT CONTINUOUS TENSE
Present Continuous Tense biasanya digunakan untuk menyatakan perbuatan yang sedang dilakukan pada saat sekarang, contoh :

  • I am studying English now (Saya sedang belajar Bahasa Inggris sekarang)
  • He is cooking now (Ia sdang memasak sekarang)


C. FUTURE TENSE
Future Tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, contohnya :

  • I will study English tomorrow (Saya akan belajar bahasa Inggris besok)
  • I wil come to your house next week (Saya akan datang kerumahmu minggu depan)


D.SIMPLE PAST TENSE
Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang telah dilakukan pada waktu yang lampau, contoh :

  • I studied English yesterday (Saya belajar bahasa Inggris kemarin)
  • He went to school last week (Ia pergi ke sekolah minggu yang lalu)


E. PRESENT PERFECT TENSE
Present Perfect Tense digunakan untuk menyatakan kejadian di waktu lampau dan masih berlangsung sampai saat berbicara, contoh :

  • I have lived in Bandung since 1980 (Saya telah tinggal di Bandung sejak tahun 1980)
  • I have just visited the museum (Saya baru saja telah mengunjungi museum)
by Admin KCN
Jika Anda suka, silahkan bagi artikel :

0 komentar:

Posting Komentar