Rabu, 20 Februari 2013

Kalimat positif, negatif dan tanya


Kalimat Positive / Kalimat Berita (affirmative sentences)


I am sick now (saya sekarang sakit)
You are bussy now (kamu sibuk sekarang)
He is a student (ia adalah seorang pelajr)
I was in the hospital last month (saya berada di rumah sakit bulan lalu)
You were angry with me yesterday (kamu marah pada saya kemarin)



Contoh - contoh kalimat di atas, disebut kalimat berita (affirmative sentences), atau disebut juga kalimat positif. 


Kalimat Negatif (negative sentences)


Untuk membuat kalimat negatif (menyatakan tidak) dalam kalimat nominal, kita tinggal menambahkan kata "not" saja setelah to be, kira kira seperti contoh dibawah ini :
Subject
To be
Not
Keterangan/adverb
I
am
not
Bussy now
You
are
not
We
They
Rudi and Rita
He
is
not
She
Mr. Arief


Kalimat Tanya (interrogative sentences)


Sedangkan untuk membuat kalimat tanya (introgative), kita tinggal menyimpan to be pada awal kalimat, saya beri contoh seperti di bawah ini :
To be
Subject
Keterangan/adverb
Am
i
Bussy now
Are
you
we
they
Rudi and Rita
Is
he
she
Mr. Arief

Sudah jelas bukan??
Untuk mempermudah pemahaman, saya akan memberikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan to be.

1. Kalimat Berita (Affirmative Sentences)
  • I am bussy at a moment. (Saat ini saya sedang sibuk)
  • You are clever man. (Kamu seorang yang pintar)
  • She is a beautiful girl. (Ia seorang yang cantik)
  • You were sick yesterday (Kamu sakit kemarin)
  • He was in Jember last week (Ia berada di kota Jember minggu lalu)
2. Kalimat menyangkal (Negative Sentences)
  • I am not bussy at a moment. (Saya sedang sibuk saat ini)
  • You are not clever man (Kamu bukan orang yang pintar)
  • She is not beautiful girl (Ia bukan seorang yang cantik)
  • You were not sick yesterday (Kamu tidak sakit kemarin)
  • He was not in Jember last week (Ia tidak berada di Jember minggu lalu)
3. Kalimat Tanya (Interrogative Sentences)
  • Am I bussy at a moment? (Apakah saya sibuk saat ini?)
  • Are you clever man? (Apkah kamu seorang yang pintar?)
  • Is she a beautiful girl? (Apakah ia seorang yang cantik?)
  • Were you sick yesterday? (Apakah kamu sakit kemarin?)
  • Was he in Jember last week? (Apakah ia berada di Jember minggu lalu?)


Semoga bermanfaat!

Jika Anda suka, silahkan bagi artikel :