Senin, 11 Februari 2013

Sungguh Merugi Orang Yang "Merasa Benar"


Yah sikap benar sendiri bisa di ibaratkan sebagai gelas yang sudah dipenuhi air. Sebanyak apapun kita isi, tidak akan berguna baginya. Karena pasti akan tumpah
Dulu ketika saya masa - masa SMA, sering sekali menemukan sikap - sikap macam ini di kelas. Ciri - cirinya adalah bersikap cuek dengan pelajaran. Dalam dirinya ada perasaan yang terlalu menganggap remeh pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam hatinya ada riak - riak kesombongan yang menjangkit. Tentu sikap ini sangat berbahaya bagi seseorang yang masih membutuhkan banyak belajar khususnya masa - masa SMA.

Biasanya sikap merasa benar dimiliki oleh tipe - tipe orang yang semangat belajarnya tinggi, tetapi ia memandang sebelah mata pada hal - hal yang dianggapnya sepele. Padahal, terkadang hal yang dianggap remeh itu justru adalah hal yang sangat penting untuk mempelajari hal - hal yang mendasar. Saya teringat ucapan guru saya SMA dulu kira - kira begini : "Orang yang merasa benar itu berarti ia siap untuk tidak menerima pengetahuan pengetahuan baru yang ia sebenernya tidak tahu tapi sok tau dan itu akan membuat dirinya bodoh".

Semoga motivasi hari ini akan membuat teman - teman tersadar betapa ruginya jika kita "sok tau" atau merasa benar atau apalah sebutan lainnya yang jelas sikap ini akan mengkerdilkan pikiran kita membuat yang luas menjadi sempit dan sebagainya.

Jika Anda suka, silahkan bagi artikel :