Senin, 25 Februari 2013

Sembilan Kecerdasan

Sembilan Kecerdasan
Setiap orang memiliki semua kecerdasan, tetapi dalam jumlah yang bervariasi, sehingga setiap orang memiliki keunikan secara intelektual. Kecerdasan ini terletak di berbagai wilayah otak dan bisa bekerja secara independen atau bersama-sama, dapat dipelihara dan diperkuat, atau diabaikan dan melemah.

Ada banyak tes di Internet untuk tipe kecerdasan dan variasinya. Salah satu tes yang cukup baik berikut data statistik dapat dilihat disini.

Menurut Prof. Gardner dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT University) Melbourne, Australia mengelompokkan sembilan kecerdasan sebagai berikut :

1. Visual-Spasial adalah kecerdasan yang berkaitan dengan penilaian  dan kemampuan untuk mevisualisasikan dengan "mata pikiran". Oleh karena itu, sering juga disebut sebagai "Picture Smart". Karier yang sesuai bagi mereka antara lain seniman, desainer, dan arsitek. Seorang Spasial juga bagus dengan teka - teki.

2. Verbal-Linguistik adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kata - kata, baik lisan atau tertulis. Kecerdasan ini sering disebut dengan "word smart" karena orang dengan kecerdasan Verbal-Lingustik yang tinggi memiliki kemampuan berkata - kata dan berbahasa. Mereka mudah mempelajari bahasa asing karena memiliki memori verbal yang tinggi dan mampu untuk mengingatnya kembali. Mereka biasanya pandai membaca, mencatat, mendengarkan ceramah, diskusi dan berdebat. Karier yang cocok adalah menjadi penulis, wartawan, pengacara, polisi, filsuf, penyair, politisi, dan guru.

3. Logis-Matematis adalah kecerdasan yang berkaitan dengan logika, abstraksi, penalaran, dan angka. Hal ini berkolerasi kuat dengan konsep tradisional "kecerdasan" atau IQ sehingga sering juga disebut "logic". Meskipun sering diasumsikan bahwa orang - orang dengan kecerdasan ini secara alami unggul dalam matematika, bermain catur, pemrograman komputer, dan kegiatan logis atau numerik lainnya, sebenarnya mereka lebih berbakat pada kemampuan penalaran, pengenalan pola abstrak, berpikir ilmiah dan investigatif, serta kemampuan untuk melakukan perhitungan yang rumit. Karier yang sesuai adalah ilmuwan, fisikawan, matematikawan, ahli logika, insinyur, dokter, ekonom dan filsuf

4. Tubuh Kinestetik adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kinestetik-jasmani. Mereka mempunyai kecerdasan mengontrol berbagai gerakan tubuh dan sangat terampil untuk menangani berbagai objek yang harus dikerjakan. "Tubuhnya cerdas", itu ungkapan yang sering kita dengar kalau melihat Michael Jackson sedang menari. Tidak mengherankan jika orang tipe ini sering disebut sebagai body smart karena memiliki berbagai senses yang baik seperti timing, tujuan dari suatu aksi fisik, dan kemampuan untuk melatih respons sehingga menjadi suatu refleks. Ia akan belajar lebih baik jika melibatkan gerakan otot-ototnya (misalnya bangun dan bergerak ketika mempelajari sesuatu) dari pada membaca, mendengar diskusi, kuliah atau ceramah. Mereka juga mudah belajar dengan menggunakan memori otot untuk mengingat hal-hal melalui tubuh mereka seperti halnya memori verbal. Mereka cocok berkarier sebagai atlet, penari, musisi, aktor, dokter bedah, dokter, kontraktor, polisi dan tentara.

5. Musikal adalah kecerdasan yang erat hubungannya dengan kepekaan terhadap suara, irama, ritme, pitch, melodi, nada dan musik. Orang dengan kecerdasan musik yang tinggi, "music smart", biasanya memiliki pitch yang baik dan mampu bernyanyi, bermain musik, dan menciptakan komposisi music. Karena komponen pendengarannya kuat, mereka paling baik belajar melalui ceramah. Mereka terkadang menggunakan lagu atau irama untuk belajar. Karier yang cocok adalah mencakup instrumentalis, penyanyi konduktor, disc jockey, orator, penulis dan komposer.

6. Interpersonal adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kepekaan terhadap suara dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka cenderung ekstrover, peka terhadap perasaan suasana hati orang lain, temperamen, dan bermotivasi. Mereka sangat mampu bekerja sama atau bekerja dalam kelompok. Cara komunikasinya efektif, mudah berempati dengan orang lain, dan baik sebagai pemimpin atau pengikut. Mereka paling banyak belajar dengan cara bekerja dengan orang lain dan menikmati diskusi dan perdebatan. Orang tipe ini desebut "people smart". Karier yang cocok adalah sales, politikus, manager, guru dan pekerja sosial.

7. Intrapersonal adalah kecerdasan yang berkaitan dengan introspektif dan pengenalan diri. Orang dengan kecerdasan intrapersonal sangat intuitif dan biasanya tertutup. Mereka terampil megartikan motivasi dan perasaan sendiri. Hal ini mereka gunakan untuk memiliki pemahaman yang sangat mendalam tentang jati diri, apa kekuatan dan kelemahan yang membuat unik dan dapat memprediksi reaksi dan emosi sendiri. Karier yang sesuai termasuk filsuf, psikolog, teolog, pengacara dan penulis. Umumnya mereka lebih suka bekerja sendirian dan sering disebut sebagai tipe "self smart".

8. Naturalistik atau "nature smart" adalah kecerdasan yang berhubungan dengan alam, memelihara dan informasi yang berkaitan dengan lingkungan alam seseorang. Karier yang sesuai dengan ini adalah naturalis, bertani dan tukang kebun.

9. Eksistensial adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk merenungkan fenomena atau pertanyaan di luar data indrawi, seperti "yang tidak terbatas" dan infinetesimal. Karena biasanya mereka sering bertanya dan berpikir yang "dalam", mereka dijuluki sebagai tipe "deep question smart". Peran idealnya sebagai kosmologis, pemuka agama atau filsuf.

Semoga Bermanfaat !
Jika Anda suka, silahkan bagi artikel :