Selasa, 26 Februari 2013

Sulit Konsentrasi Belajar? Mungkin Anda Harus Baca Ini

Agar seseorang dapat belajar dengan baik, ia harus berkonsentrasi. Bagaimana ia dapat berkonsentrasi jika suasana sekitar tidak mendukungnya? Oleh sebab itu kita perlu mengenali kekuatan alami pada diri kita yang berkenaan dengan dimana, kapan dan bagaimana kita bisa belajar dengan efektif.

Berikut diberikan sebuah tes yang dapat dijadikan tips/acuan dengan lima pertanyaan. Memang tidak semua unsur berikut ini mempunyai kepentingan yang sama dengan masing - masing orang, tetapi kita dapat mendapati manfaat dalam mengidentifikasi suasana atau lingkungan apa yang dibutuhkan untuk berkonsentrasi dengan baik.


1. Waktu Terbaik


Coba pikirkan kapan atau waktu dalam sehari, Anda lebih produktif secara alami. Apakah Anda seorang yang bangun pagi - pagi atau seperti burung hantu? Apakah ada saat - saat yang konsisten ketika pikiran Anda melayang - layang? Misalnya, ada seseorang yang lebih mampu mengerjakan segala sesuatu atau masa aktifnya pada petang hari. Ada juga yang masa aktifnya di pagi hari atau bahkan ada juga yang sangat aktif antara pukul 21.00 dan jam 2. Setiap individu memiliki preferensi waktu yang berlainan.

Kapankah waktu terbaik Anda dalam satu hari? (Lingkari pilihan anda) :

a. Pagi 
b. Malam


2. Kebutuhan Makan Minum


Ada orang yang hampir tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya sebelum menyantap atau meminum sesuatu saat berkonsentrasi. Ada yang perlu minum secangkir kopi/teh/jus, juga makanan kecil untuk mengunyah. Jika Anda termasuk orang yang harus makan/meminum sesuatu agar bisa berkonsentrasi, Anda harus memperhatikan nutrisinya juga baik atau buruk.

Apakah Anda tergolong orang? (Lingkari pilihan anda) :

a. Makan atau minum, saya tak bisa berpikir
b. Bisa berpikir, asal makan atau minum dulu

3. Cahaya


Ketika kita membaca, seberapa terangkah cahaya yang kita butuhkan? Apakah terang benderang? Atau agak terang? Jika kita tipe yang menyukai penerangan yang lebih lembut, mungkin kita akan menunduk saat memasuki ruangan yang terang benderang.

Seberapa terangkah tingkat cahaya yang nyaman bagi Anda ketika belajar? (Lingkari pilihan anda) :

a. Terang
b. Lembut atau redup.

4. Desain Ruangan


Pernahkan kita menemukan seseorang belajar justru di lantai ketimbang di meja belajar yang sudah di beli dengan harga ratusan ribu? Atau pernahkah kita mengharapkan teman atau adik kita belajar dengan keadaan rapi tapi yang kita temukan malah kertas dan buku - buku berantakan di sekitarnya? Sebenarnya yang perlu kita perhatikan yakni apakah kita menyelesaikan pekerjaan dengan senang hati? Apakah dengan kita memaksa diri sendiri belajar di meja belajar, hati kita senang dan pekerjaan terselesaikan dengan tuntas?

Desain seperti apakah yang membuat kita bisa lebih berkonsentrasi saat belajar? (Lingkari pilihan anda) :

a. Formal (meja belajar)
b. Informal (bangku taman, lantai, kursi ruangtamu dll)

5. Suhu


Meski kebanyakan dari kita dapat menyesuaikan dengna iklim yang sedang terjadi, namun kita tidak dapat menipu diri bahwa kita memilih suhu nyaman untuk bekerja ataupun belajar.

Keadaan suhu seperti apakah yang diperlukan untuk dapat bekerja/belajar dengan sebaik-baiknya? (Lingkari pilihan anda) :

a. Dingin
b. Sejuk
c. Hangat atau panas


Nah, sobat DasarInggris dengan survey diatas setidaknya Anda tahu bagaimana Anda belajar pada lingkungan yang nyaman. Semoga Tips ini Bermanfaat!
Jika Anda suka, silahkan bagi artikel :